Tutorial Mendisain Jaringan Sederhana Dengan Cisco Packet Tracer

Tutorial Mendisain Jaringan Sederhana Dengan Cisco Packet Tracer untuk jaringan laboraturium, kantor, toko, dan yang lain dengan penggunaan jumlah User sedikit atau kurang dari 10.
Peralatan yang diperlukan sebenarnya untuk membuat jaringan sederhana:

  1. Komputer Server = 1
  2. Komputer Dekstop = 4
  3. Leptop = 1
  4. Konektor RJB 45 = ±12
  5. Switches = 1
  6. Accesspoint (Waifi) = 1
  7. kabel secukupnya
Tetapi disini membuat secara virtual kita akan membuat disain jaringan dengan Cisco Packet Tracer .Bila anda belum punya Cisco Packet Tracer silahkan anda download terlebih dahulu. Disain jaringan seperti gambar dibawah ini. tataletak bebas sesuai selera.
Disain jaringan
Sekarang kita hubungkan semuanya. Pilih Menu Kiri bawah tool Connections dan klik menu Automatically Choose Connection Type hingga menjadi seperti dibawah ini.
Disain jaringan 2
Garis hitam yang menghubungkan semuanya di asumsikan sebagai kabel. setelah itu kita tinggal mengatur IP masing-masing, karena jaringan ini jaringan sederhana maka menggunkan IP Klas C. Didalam jaringan ini ada Server maka kita buat komputer lain mendapat IP secara otomatis yang akan ditentukan oleh server (Random IP) dengan Sistem DHCP
klik Server pada gambar jaringan tersebut sampai muncul seperti dibawah ini :
Menu Propertis Server Cisco Packet Tracer
klik menu Config. Klik menu Settings yang berada disebelah kiri. atur Gateway dan DNS server seperti dibawah ini. DSN yang kita gunkan adalah DNS Google.
mengatur ip Cisco Packet Tracer Klik menu DHCP dibawah menu SERVICE. Defaul Geteway dan DNS server sama seperti di atas. Start IP addres 192.168.182.2 dan Subnet Mask 255.255.255.0. Maximum Number of user adalah jumlah user yang boleh dalam jaringan ini isi dengan nilai 9, jadi jumlah user yang boleh dalam jaringan ini adalah 9 bila ada yang terhubung dalam jaringan ini dan jumlah usernya sudah melebihi 9 maka user yang ke-10 tidak mendapatkan IP. Klik Save bila Suadah
mengatur ip FastInternet Cisco Packet Tracer Setelah DHCP sudah selesai tingan mengatur LAN CARD atau FastEthernet. Klik  menu FastEthernet dibawa menu INTERFACE. isi seperti dibawah ini.
image
Bila sudah terisi seperti di atas langsung saja tutup. selanjutnya mengatur komputer PC-nya. Klik Gambar komputer PC pada disain jaringan. masuk menu Config klik Settings, pada Gateway/DNS rubahlah ke DHCP secara otomatis mendapatkan Gateway dan DNS seperti gambar dibiwah ini
imageLakukan pada semua PC maka IP setiap PC secara otomatis ditentukan oleh server. dari sini sementara dah cukup maaf bila tutorial berantakan. bila ada pertanyan silahkan komen.
Previous
Next Post »