Tutorial Instalasi Linux - Membuat Instaler Linux Di Flashdisk

Saya akan menjelaskan bagaimana membuat instaler linux di flashdisk atau menginstal linux dengan flashdisk. Ada beberpa tahapan yang harus anda diperhatikan.

Tahap Pertama Persiapan :


Sediakan Linux yang akan di instal bisa berbentuk file .iso atau dalam bentuk kepingan CD atau DVD, Jika belum mempunya file linux anda bisa download DISINI.
Sediakan flashdisk 2 GB, 4 GB, atau 8 GB. Flashdisk yang digunakan bisa menyesuaikan dengan ukuran file Linux.  Sediakan Tool atau Aplikasi untuk mentransfer file Linux ke Flashdisk, Jika belum mempunya bisa men-download Universal USB Instaler dari PENDRIVELINUX DISINI.
 
Tahap Kedua Proases : 
 
 1. Jalankan aplikasi Pendrive USB Instaler Klik –>I Agree Untuk melanjutkan prosesnya.
 
Tutorial Instalasi Linux 1
 
2. Pilih salah Satu Distro Linux yang akan Di Instal Pada Step 1. Contoh Saya memilih distro Linux
 
Tutorial Instalasi Linux 3

3. pada Step 2 Pilih Lokasi File Distro Linux pada penyimpanan Anda. Step 3 pilih flashdisk yang akan menjadi USB Installer-nya. jangan lupa untuk memberi tanda pada format drive agar flash diskanda benar-benar kosong dan siap untuk melakukan proses transfer file. Setalah itu klik menu Create untuk melanjutkan proses. 

Tutorial Instalasi Linux 4

4. Bila ada kotak pesan pemberitahuan silahkan perhatikan apa yang terlewatkan, bila gagal silahkan ulangi dari awal lagi. 

Tutorial Instalasi Linux 5

5. jika semua tahan awal tidak ada permasalahan lagi selajutnya menunggu proses transfer file hingga selesai. 

Tutorial Instalasi Linux 6

catatan:
Agar proses berjalan lancar perhatikan ukuran file distro linux yang akan di transfer dengan ukuran flashdisk yang menjadi tempat USB Installer-nya. Selamat mencoba

Previous
Next Post »