Pengertian dan Fungsi Jaringan Client Server - TKJ SMK

Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain di dalam jaringan. Client adalah komputer-komputer yang menerima atau menggunkan fasilitas yang disediakan oleh server. Jaringan client atau server adalah jaringan dimana komputer client bertugas melakukan permintaan data dan server bertugass melayani permintaan tersebut.


  • Client
User akan membuat permintaan melalui softwere client. aplikasi user cars denver berfungsi
  1. Memberikan interface bagi user untuk melakukan tugas.
  2. Format request data ke bentuk yang dapat dimengerti oleh server.
  3. Menampilkan hasil yang di minta oleh layar
  • Server
jaringan client atau server, server khusus digunakan untuk pemrosesan, penyimpanan, dan manajemen data. Server bertugas menerima request dari client, mengolahnya, dan mengirimkan kembali hasilnya ke client. untuk itu, server membutuhkan komputer khusus dengan spesifikasi hardwere yang jauh lebih baik dibandingkan hardwere untuk client karena koputer harus mampu melayani:
  1. Request secara simultan dalam jumlah besar.
  2. Aktifasi manajemen jaringan.
  3. Menjamin keamanan pada resource jaringan
  • Fungsi Jaringan Client Server
Dalam kontek basis data, client mengatur interface berfungsi sebagai workstation tempat menjalankan aplikasi data. Client menerima permintaan pemakai, memeriksa sintaks, dan generate kebutuhan basis data dalam SQL atau bahasa yang lain. Kemudian meneruskan pesan ke server, dan menunggu respons dan bentuk respons untuk pemakai akhir. Server menerima dan memproses permintaan basis data kemudian mengembalikan hasil ke client.



Previous
Next Post »