Wajan Bolik Tidak Bisa Dual Band 2.4 Ghz dan 5 Ghz

Sebelumnya saya sudah membuat artikel wajan bolik dual band 2.4 Ghz dan 5 Ghz "link disini", saya akan menjelaskan mengapa wajan bolik tidak bisa dual band 2.4 Ghz dan 5 Ghz. tolong di perhatikan gambar di bawah ini.

Rumus dan cara kerja wajan bolik

Rumus 3/4λg  untuk mencari are paralon yang akan dilapisi alumunium "umunya untuk membuat wajan bolik bagi pemula menggunakan paralon". Mengapa rumus 3/4λg digunakan, karena untuk mencari gain (dBi) yang tinggi sehingga rumus 3/4λg digunakan. Konsep rumus tersebut hanya berlaku untuk satu gelombang frekuensi saja sehingga tidak bisa di gunakan dual band, karena yang membuat tidak bisa adalah panjang gelombang 2.4 Ghz dan 5 Ghz berbeda.

Agar wajan bolik bisa berkerja dual band maka rumus 3/4λg (area paralon yang akan dilapisi alumunium) tidak berlaku. Cukup dengan menempat wirelass USB di titik fokus wajan saja. Kelemehan tidak menggunaka 3/4λg (area paralon yang akan dilapisi alumunium) adalah gain (dBi) yang kurang tinggi sehingga jarak jangkuan dari wajan bolik tidak terlalu jauh.

Model wajan bolik yang disaran untuk dual band

Bagi yang tidak mau pusing mengukur wajan bolik ada aplikasi yang dapat membantu menghitung titik fokus wajan bolik yaitu kalkulator wajan bolik.
Sumber refrensi : 
http://buatwajanbolic.blogspot.co.id/2015/04/download-aplikasi-kalkulator-wajan.html
http://e-rosadi.blogspot.co.id/2016/11/membuat-wajan-bolik-dual-band-24-ghz.html
http://www.slideshare.net/erymitsubishigt/cara-membuat-antena-wajan-bolic-penguat-sinyal-modem-usb-wlan
Previous
Next Post »