Mengoptimalkan kinerja Windows 7





Windows memiliki catatan rekor burut untuk masalah Sartup. waktu yang diperlukan untuk Startup bisa sampai 5 menit bahkan bisa lebih, ini menjadi masalah serius bagi kita saat memerlukan kerja cepat. membuka aplikasi loodingnya lama sekali, sering terjadi eror ketika jumlah cendela aplikasi banyak, kinerja prosessor berat padahal membuka aplikasi sedikit. mungkin anda sudah banyak membaca artikel bagaimana mengoptimalkan kinerja windows 7 anda tapi belum memuaskan. disini admin shering sedikit agar kinerja windows 7 lebih baik.

Langkah-langkah untuk mengoptimalkan adalah cek startup. berapa lama waktu yang diperlukan untuk startup windows anda, anda bisa cek dengan program aplikasi SOLUTO atau dengan BootRacer. bila waktu loding sangat lama maka langkah pertama untuk mengatasinya adalah :

download Soluto dan BootRacer
  • Defrak Harddisk
Untuk mengecek data dalam Harddisk anda apaka sudah teratur atau berantakan anda bisa menggunakan TuneUp Utility.
  • Bersihkan Tempory Files
Tempory tempat penyimpanan sementara bila tempory terlalu banyak kinerja windows akan terganggu, bersihkan dengan menggunakan CCleaner atau TuneUp Utility.
  • Bersihkan Registry
Registry juga harus diperhatikan karena didalam komputer registry tingkatan paling tinggi proses kerja maka dari itu perrrlu dibersihkan dengan CCleaner atau TuneUp Utility.
  • Minimalis StartUp
Di StartUp jangan terlalu banyak Aplikasi yang jalan, semakin banyak aplikasi yang jalan di StartUp semakin lama looding windows anda. Anda bisa secara manual dengan Ketik msconfig atau menggunakan aplikasi TuneUp atau CCleaner.
  • Hapus File di Recycle Bin
Recycle Bin juga akan mempengaruhi kinerja windows bila terlalu banyak file yang terhapus tidak sempurna maka dari itu Empty Recycle Bin atau hapus semua file didalam Recycle Bin.
  • Minimalis Icon di Desktop
Jangan terlalu banyak Icon di Desktop bila ingin kenerja kompuiter anda cepat.
  • Bersihkan File di Folder Prefdtch
Ini tambahan untuk mempercepat looding saat menjalankan perintah di komputer. masuk Explorer “ C:/Windows/Prefetch “ bersihkan semua file yang ada di dalam folder tersebut pastikan menkan tombol Shift + Delet agar tidak masuk Recycle bin.
 catatan :
hapus juga file di Folder Temp C:\Users\"Profil user komputer anda"\AppData\Local\Temp
Sara Admin :
Bila anda menggunakan Thema Pack sebaiknya anda perhatikan karena bila Thema Pack banyak mengunakan aplikasi pendukung akan memperlambat proses looding StartUp, Kinerja prosessor lebih berat, dan memakan Space Memoy.
download TuneUp Utility dan CCleaner 

referansi http://www.piriform.com, www.tune-up.com/TuneUp2013
Previous
Next Post »