Melihat Prossesor Core i9 dan membandingkan Core i7 i5 i3

Intel belum berhenti untuk berinofasi untuk mengembangkan prossesore, setelah intel membuat prossesore core i7 terlebih dahulu dengan kode Nehalem dengan mengintegrasikan chipset MCH langsung di processor, bukan motherboard. Nehalem juga mengganti fungsi FSB menjadi QPI (Quick Path Interconnect) yang lebih revolusioner. Core i5 kode Lynnfield merupakan value dari Core i7 yang akan berjalan di socket baru Intel yaitu socket LGA-1156 yang mengintregasi chipset MCH P55. Core i3 dengan kodeArrandale  merupakan paling value dan harga paling terjangkau dengan mengintregasi GPU (Graphics Processing Unit) alias Graphics On-board didalam processornya. Kemampuan grafisnya diklaim sama dengan Intel GMA pada chipset G45.



Tabel detail core i7 i5 i3 :


Core i9 merupakan prossesore varian terbaru dari intel yang menanamkan 6 inti didalamanya dengan code Gulftown. Core i9 memiliki 6 core dengan 12 thread dari Hyper Threading. Total L3 cache memiliki 12 MB dengan 3 channel memory dan dukungan Turbo Boost.

Dari EXPreview kali ini mereka memiliki kesempatan untuk mengintip prosesor Intel generasi berikutnya yang menggunakan 6-core, 32nm “Gulftown” processor. CPU ini dikabarkan akan hadir pada pertengahan 2010. Prosessor ini akan mensupport Socket LGA1366, Gulftown menggunakan teknologi dasar pada 32nm dan memiliki kecepatan 2.4GHz (18*133MHz), dengan 12MB L3 cache.
Selain itu Gulftown ini akan kompatibel dengan chipset, tentunya kehadiran prosessor ini akan dinantikan oleh banyak pengguna PC yang ingin pc di tahun 2010. Pada dasarnya perlu anda ketahui Core i9 Gulftown merupakan analogi dari + 2, dengan 6 core fisik, sehingga dengan begitu total thread count dapat mencapai 12 thread paralel, dan 50% L3 cache meningkat dari Bloomfield. Selain itu Gulftown juga tidak akan menempatkan IGP core pada 32nm CPU nya, sehingga, tidak ada perubahan dari sisi kemampuan grafiknya.
Previous
Next Post »